Jumat, 09 Desember 2011

KAU TOREHKAN LUKA DI HARI ULANG TAHUNKU

Terik mentari yang membuyarkan lamunan kala itu,Ita baru menyadari kalau dia ada tugas pramuka ke sekoalah lain.tik...tik..tik... jam sudah menunjukan pukul 14.00 WIB.dia bergegas pergi menyusul teman-temannya yang sudah berada di STM tunas kelapa.ita berusaha mengatur nafasnya yang terengah-engah kemudian dengan terbata-bata berkata “sorry gue telat,kirain gue gak ada jadwal kunjungan untuk hari ini”.seketika itu muka ita merah merona seperti udang rebus,karena tanpa Ita sadari ternyata kelompok dari sekolah lain menertawakan ita yang telat.sampai-sampai Ita jadi salah tingkah.kalau bahasa kerennya salting.
Dengan muka yang masih merah merona akhirnya Ita membaur dengan teman-teman lainnya.sambil ngedumel “sial amat gue hari ini”.kemudian terdengar suara antah berantah yang gak jelas asalnya dari mana (ibarat ada setan lewat hehehe).”makanya kalau jadi orang itu jangan nongkrong mulu dikamar jadi gak telat.seketika muka Ita seperti berubah menjadi singa dan menunjukan taringnya lalu memakan habis-habis orang tersebut.(bacanya sambil ngebayangin loe lagi di dalam hutan dan mau dimakan sama singa).
Gak ada asap gak ada api. Tiba-tiba heni,yang tak lain tak bukan adalah temannya ita.ngerocos gitu aja “ta,loe hebat amat baru kunjungan pertama kali kesini sudah bisa kenalan sama cowok ganteng”.”cowok ganteng dari paris,sambung ita.”ta,temen gue ada yang mau kenalan sama loe,anak sekolah sini juga kok”. “kok gue baru tau kalau loe punya temen disini hahhaha...”. “jangan salah walaupun gini-gini gue punya banyak kenalan (dengan gaya ngomong yang centil ala heni).
Tak terasa ternyata senja mulai menampakan diri. Akhirnya mereka berdua pulang kerumah masing-masing.baru saja ita merebahkan diri di kasur yang super duper empuk (alias lawan katanya hahaha).ada SMS masuk dari heni “besok kita ketemu temen gue ya,mau gak mau loe harus mau kalau gak mau loe guwe culik..!!!.ita kemudian membalasnya “sebenernya loe temen gue apa penculik sih..????.semalaman kedua sejoli sahabat ini menghabiskan waktunya bercanda lewat pesan.
Embun kembali mulai menetes,ayampun mulai berkokok mentaripun ikut tersenyum mengiringi pagi.hoam..hoam...hoam..”badan masih pada pegel-pegel harus ke sekolah lagi”.hari itu ita menjalani sekolah seperti biasa.”ita,tunggu teriak heni”. ” Ngapain lagi si hen,(sambil menunjukan bibir monyongnya).” Kita kan ada janji mau ketemu temen gue.kirain gue semalam Cuma bercanda sambung ita. Udah ayo ikut gue sepertinya kita udah telat nih (sambil menarik tangan ita).
Akhirnya heni dan ita sampailah di tempat tujuan dan menemukan sosok lelaki yang akan mereka temui.”hen,lama amat si loe kesininya sampai guwe ubanan” cerocos doni. “ ya sorry gue telat,kenalin ini temen gue”. Merekapun saling berjabat tangan dan saling memperkenalkan diri.kesan pertama mereka bertemu seakan ada magnet yang saling tarik menarik.mereka juga tak lupa bertukar nomor telepon masing-masing.sampai-sampai mereka asyik ngobrol sendiri sambil tertawa terbahak-bahak.sampai lupa ada heni.”dari tadi gue dikacangin,loe pada asyik ngobrol sendiri mending udahan aja deh ngobrolnya.mataharinya juga dah mau pulang kerumah”.akhirnya mereka berdua pun pulang. “thanks you buat hari ini ya,besok-besok ketemu lagi” teriak doni dari kejauhan.setelah pertemuan awal mereka tadi,doni merasa ketagihan bertemu dengan ita lagi dan berharap bisa ketemu setiap hari.
“gue bilang juga apa sekali loe ketemu doni langsung klepek-klepek deh..hahhah”.’asyik juga temen loe ya hen wkwkwk..mereka berdua asyik bercanda bareng tanpa mempeduliakn senja yang sudah mulai usai.tiba-tiba ada satu pesan dihp ita “makasih ya buat hari ini seneng gue bisa ketemu loe,loe beda banget dari cewek-cewek yang lain yang pernah gue kenal”. Ita Cuma
Membalas pesan dari doni dengan kata “pret...gombal banget”.malam kian larut ,tapi ita dan heni masih asyik bercanda via pesan.hari demi hari doni dan itapun semakin dekat sehingga baik ita maupun doni saling terbuka dengan masa lalu masing-masing.
Dan pada suatu senja dan ditemani rintikan hujan.doni menceritakan semua masa lalunya pada ita.ita sangat terkejut ketika doni mengatakan “ta,gue itu cowok nakal suka bolos sekolah ,suka mainin cewek,bergaulan gue juga gak bener gue itu brengsek”. Ita hanya menarik nafas panjang ,”tapi gue yakin loe bisa berubah,setiap manusia gak akan pernah luput dari kesalahan”. “loe gak benci sama gue,tanya doni? “gak ada alasan untuk gue benci sama loe kan”. “loe emang beda dari yang lain seru doni”.
Hari-hari yang mereka lalu bersama ternyata menimbulkan rasa yang berbeda diantara keduanya.itapun tak lupa menceritakan semuanya kepada heni.tapi heni Cuma melongo aja ketiak ita menceritakan semuany panjang lebar kali tinggi. “ hen,loe dari tadi dengerin gue ngomong gak sih? “iye..iye..gue denger tapi gue shock aja ternyata sahabat gue ini lagi jatuh cinta awawa..awaawaw..”asem loe, gue itu lagi serius nih..!!! “gue juga serius.kalau loe sayang sama doni ya gak papa jalani aja sama dia,walaupun dia dulu brengsek tapi gue yakin dia pasti bisa berubah buat loe”. “tapi masalahnya gak semudah itu hen..!!! gue dah janji sama nyokap gue kalau gue gak akan pacaran dulu sebelum lulus SMA.
Gue udah bilang sama doni kalau dia bener-bener sayang sama gue dia harus mau nunggu gue sampai lulus SMA. “terus doni jawab apa? tanya heni pada ita.dia bilang katanya mau nunggu gue sampai lulus SMA.walaupun gue gak tau itu Cuma kata-kata gombal apa tulus dari dasar hati doni.walaupun hubungan meraka tidak berstatus berpacaran tapi meraka begitu dekat sekali tapi dalam batas yamng wajar.doni selalu mengerti keadaan ita sebagia murid yang kreatif di sekolahan yang harus pulang sore. Dan menomor duakan doni.setiap hari ita selalu disibukan dengan kegiatan sekolah yang begitu banyak.
Disisi lain donipun disibukan dengan kegiatan-kegiatan yang ada disekolahnya.tiba-tiba disebuah sudut ruangan ada seorang gadis yang sedang melamun sendirian.dan gadis tersebut adalah adik kelas doni.diapun ikut dalam organisasi yang sama dengan doni. “eh jangan ngelamun aja entar kesambet lho..!! “udah lama kakak disini.?? Seru ranti.”udah dari 5 tahun yang lalu hehehe,kenapa dari tadi kok mukanya ditekuk terus? Kakak mau kok dengerin kalau ranti mau curhat. “sebenernya ranti ada masalah keluarga orang tua ranti sudah lama bercerai.ranti Cuma tinggal sama nenek aja.setelah orang tua ranti bercerai hidup ranti tidak karuan tanpa tujan.sehingga ranti terjerumus dalam bergaulan yang bebas. “yang sabar aja ya semua masalah akan ada jalan keluarnya.
Ita dan doni masih disibukan dengan kegiatan mereka masing-masing intensitas mereka untuk bertemupun jarang.setelah ranti menceritakan masalanya kepada doni,doni menjadi iba kepada ranti dan berusaha membantu masalah yang sedang ranti hadapi.karena seringya waktu doni dan ranti bertemu,kemudian muncul rasa sayang yang lebih dari sahabat terhadap doni.doni dan rantipun sering menghabiskan waktu bersama.
Ditengah senja yang mendung kala itu heni dan ita sedang asyik ngobrol dirumah ita.”ta,bentar la loe ultah kira-kira doni bakalan ngasih kado apa ya buat loe”. “apaan si hen,tapi yang gue harapkan bukan barang mahal tapi rasa sayangnya dia ke gue.tapi gue jujur ya hen,gak tau kenapa walaupun gue tau latar belakang doni yang kelam,gue gak bisa benci sama dia bahkan sayang banget..benget.
Tepat hari itu ita berulang tahun.sampai-sampai pesan di handphone,facebook,twitternya banjir ucapan selamat ulang tahun.tapi orang yang ditunggu-tunggu juga belum mengucapkan sepatah katapun.sampai-sampai ita BT abis,dan ngedumel sendiri “don,apa loe lupa sama ulang tahun gue ya?dihari ulang tahunnya bukannya ita seneng malah dari awal pelajaran sampai pulang sekolah ita hanya memasamh wajah sendu.teng..teng..bel pulang pun sudah berbunyi,ita pun langsung bergegas pulang kerumah.setelah sampai dirumah,ita langsung merebahkan diri di atas kasur dan membolak balikan handphonnya.
Setelah beberapa jam hp ita berbunyi ada panggilan masuk dari doni.ketika itu pun ita langsung meloncat kegirangan.”hallo..??? sapa doni dari seberang sana “met ultah ya,semoga panjang umur dan tambah sukses”. “gue mau ngomomg sesuatu sama loe..? “mau ngomong apa? Balas ita.se..ka..rang..gue sudah pacaran sama ranti. Hati ita ketika itu seperti disambar petir mendengar itu semuanya hujan deras pun membasahi matanya dan mengalir begitu deras.”don,kok loe jahat banget sama gue??? Di hari bahagia ini loe malah memberi kado terburuk buat gue”. Kemudian mereka saling diam dan tak ada sepatah katapun keluar. Dono dengan nada bergetar menjelaskan semuanya kepada ita.”gue ngelakuin semua ini ada alasannya,gue kasian melihat ranti yang hidupnya hancur gue pengin menata hidup ranti menjadi lebih baik lagi gue harap loe ngerti dengan keputusan gue.tapi satu hal yang pasti rasa sayang gue nggak akan berubah sama loe.maafin gue sudah buat loe sedih.tapi suatu saat nanti gue akan kembali.makasih loe sudah buat gue berubah menjadi lebih baik”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar